December 30, 2011

Manfaat Statistik Blog



Gambar Statistik Blog
yogaware blogspot  ,Statistik sudah tidak asing lagi bagi saya. Saat di SMA dan perguruan tinggi, saya “kenyang” mempelajarinya. Begitu pun saat kerja sekarang. Namun, baru bulan lalu saya bertanya sendiri, apa sih statistik itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,definisi statistik adalah data yangg berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Secara sederhana saya menyimpulkan statistik adalah kumpulan data yang memberi informasi.
Atas dasar itulah saya senang sekali melihat data statistik blog saya. Secara kebetulan, wordpress menyediakannya sehingga saya tidak perlu repot-repot mencari di tempat lain.
Statistik Blog
Apa yang ada di statistik blog wordpress? Setidaknya saya bisa memperolehmanfaat dari hal-hal di bawah ini:
  • Referrers: pengunjung yang datang dengan mengklik link di suatu blog atau situs yang menuju ke blog saya pada hari ini atau kemarin.
  • Top posts & pages: postingan atau halaman yang paling banyak dilihat
  • Search engine terms: kata kunci atau query yang diketikkan seseorang di mesin pencari (misalnya Google) sehingga orang tersebut menemukan atau datang ke blog saya
  • Clicks: link keluar yang diklik pengunjung blog saya.
  • Views: postingan yang dilihat oleh pengunjung. Ini dikelompokkan dalam harian, mingguan, dan bulanan.
  • Blog stats summary tables : tabel ringkasan yang terdiri dari total views, busiest day, views today, jumlah posts, categories, tags, dan spam comments.

Dari kegemaran mengamati statistik blog ini, saya bisa mengevaluasi aktivitas yang sudah saya lakukan terhadap blog ini dan tentunya saya merencanakan aktivitas apa yang akan dilakukan ke di hari-hari selanjutnya. Tujuan utamanya sih adalah Page Rank 1 dan nilai trafik alexa di bawah 1 juta.
Terlepas dari tujuan tersebut, saya terkejut (sekaligus gembira) karena mulai bulan April 2009 views blog ini mencapai 1400-an. Padahal, sebelumnya yang tertinggi adalah 300-an views, bahkan ada yang views per bulannya 0!. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat gambar di bawah ini.
Statistik blog Kang Yudiono

Dengan menembus angka 1400-an ini trafik alexa saya sekarang 1,5 juta-an, sebelumnya 3 juta. Masih besar memang, sehingga perlu upaya berkelanjutan agar nilainya di bawah 1 juta.
Lalu saya berfikir, apa sih yang telah saya lakukan sehingga views dalam dua bulan terakhir ini menembus 1400-an? Kesimpulan sementara adalah tips nomor satu di google dan sering memberi komentar di blog lain. Dari data statistik blog, rata-rata jumlah pengunjung perhari adalah 25 orang. Terbilang bagus sih bagi saya yang notabene pemula.
Nah, apakah Anda sudah biasa memperhatikan statistik blog sehingga Anda bisa memperoleh manfaat darinya? Atau Anda tidak peduli dengan statistik blog Anda? Happy blogging deh :-)

1 comment:

  1. Assalamualaikum
    Postingan yang bagus :)
    trafik memang merupakan hal yang sangat mempengaruhi kualitas blog yang kita miliki. Smakin banyak visitor maka kita dapat menyimpulkan bahwa blog milik kita telah dikenal dan bermanfaat bagi para pembaca. Sama seperti saya yang membaca postingan anda yang bermanfaat ini. Keren gan dapet 1400 gtu. Saya ajah 2 bulan baru dapet 1000 pageview. Soal.y umur blog saya baru 4 bulan. Dan total pageview skarang baru 1600. Beda banged sama agan yang blognya sudah dikenal sama khalayak umum. Smoga makin maju yah blog.y :)

    ada yang mau saya tanyakan nih,
    saya sendiri masih newbie didunia blogger. Dan yang saya tak mengerti itu backlinks, technorati, sama pagerank. Mohon pemaparannya yah. Dan ini blog url blog saya. Ya..masih sedehana sih soalnya saya masih belajar :)
    www.s60v3remajamuslim.blogspot.com

    dan blog saya yang umurnya masih seminggu tentang game Ngage yang saya tes di hp 7610:
    www.ngage4all.blogspot.com

    saya berharap mendapat kunjungan dari anda (pemilik blog) dan berkomentar di salah satu postingan saya yang menurut anda menarik. Saya tunggu komentar brilian anda di blog saya yh :)

    ReplyDelete

merubah tampilan s60v2 menjadi Vista

yogaware blogspot, share lagi aplikasi buat modding tampilan s60v2 kali ini saya akan merubah tampilan s60v2 menjadi layaknya windows vista ...